Mesin Pencari | Gio Komputer

Thursday, November 15, 2012

Mesin Pencari

Menurut Wikipedia Mesin Pencari (Search engine) adalah  merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Jadi Search Engine adalah alat yang mengahantarkan kita kepada sesuatu yang ingin kita tuju, suatu 'kurir', penunjuk jalan atau sejenisnya. Jika kita ingin menemukan alamat 'A' maka si 'Mesin Pencari' akan mengarahkan kita ke alamat dengan direktori menggunakan huruf 'A'.
Masing-masing 'Mesin Pencari' mempunyai kelebihan masing-masing atau kekurangannya masing-maing juga.
Banyaknya mesin pencari yang dipergunakan oleh pengguna internet adalah berdasarkan kemudahan dalam hal 'keyword'  atau kata kunci dengan  hasil dari pencarian yang benar-benar akurat. Tentu saja seakurat apapun sebuah Search Engine tetap kembali kepada kata kunci yang kita masukkan ke dalam data pencarian yang dimaksud. Sebagai contoh :

Hasil yang kita inginkan adalah :
Kategori : Anti Virus
Anti virus mempunyai banyak nama, semisal, Avast, Avira, Norton, Smadav dll.
Spesifikasi : Versi terbaru
Jika kita mencari website Anti Virus maka didalamnya terdapat produk-produk dengan banyak varian, misalnya dibedakan menurut tahun pembuatan atau versi dari anti virus tersebut.
Maksud dan Tujuan : Pencapaian hasil.
Maksud dan tujuan kita mencari Anti Virus tersebut untuk apa? sekedar ingin tahu, ingin men-download-nya atau alasan lain.
Situs : Website resmi atau website blogger
Mencari anti virus atau topik lainnya sudah banyak disediakan oleh pemilik atau produsen anti virus ataupun situs-situs lain yang teruma banyak dari para blogger, baik yang berbayar maupun blogger gratisan.

Dengan mengetahui cara pencarian diatas, dapatlah kita membuat pencarian pada search engine sebagai berikut :
1. Anti Virus-versi terbaru-download-gratis
2. "situs resmi.com" (pencarian ini bisa dilakukan apabila kita sudah mengenal situs resminya)

Kata kunci juga bisa kita variasikan dengan beberapa kombinasi :

1. Mencari-Anti-Virus-Terbaik-2012
2. Anti virus gratisan
3. Cara menghapus virus menggunakan Anti virus terbaik
4. Anti virus asli Indonesia
5. ...................................(semua kata kunci bebas, asalkan mengandung kata-kata tujuan yang kita butuhkan).

Mesin pencari yang sering digunakan orang adalah mesin dengan fitur dan kemudahan surfing yang diberikan kepada pengguna internet.
Sebagaimana halnya GOOGLE search engine adalah mesin pencari yang sangat mudah untuk ditelusuri dan tentu saja menarik.
Apalagi penambahan 'Preview' dari hasil yang kita cari di kolom sebelah kanan adalah sesuatu yang menarik dan nampaknya ini kemanjaan yang diberikan Google untuk pelanggannya. Kalau tidak salah baru November ini Google menggunakan fitur 'preview' yang menunjukan hasil di halaman muka situs yang kita tuju. (karena sebelumnya saya tidak melihat itu...atau saya yang gak perhatiin ya?).
Apapun itu Google search engine is the best. (ini bukan promosi...hihihi) tapi ikhlas dalam hati. Sebab ada mesin pencari yang demikian getolnya hingga dia 'menyisip' dimana-mana, maksudnya kalau kita download sesuatu pasti si 'mesin pencari' numpang beken tuh sama file yang mau kita download, karena kita butuh software tersebut ya terpaksalah kita relakan. Ternyata setelah saya pakai untuk pencarian, hasilnya 'ndak ada', norak tampilannya, susah menelusurinya dan repot banget dah. Makanya saya serih singkirkan search engine yang kayak gitu.

Kesimpulan : 'Ingat kata kunci lalu pakai search engine yang terpercaya, telusuri dengan benar dan terakhir harus enjoy nge-browsing-nya.
keep blogging.

TOP 'SEARCH ENGINE"

No comments: