Membuat Komputer Rakitan yang Maksimal | Gio Komputer

Saturday, November 17, 2012

Membuat Komputer Rakitan yang Maksimal

Sobat Blogger, lagi-lagi komputer rakitan. Kenapa sih memangnya? (hihihi...propaganda ya?).
Gak lah, maksudnya begini...setiap kita memahami sebuah komputer baik 'newbie' ataupun 'pakar' cenderung untuk membuktikan minimal kepada diri sendiri bahwa kita mampu menghadirkan sebuah komputer ala kita sendiri. walaupun komponen-komponennya adalah buatan pabrik. Jangan salah...komputer 'Branded' pun gak semua memiliki seluruh komponen komputer buatan sendiri.
Maka dari itu saya senang mengajak Sobat Blogger untuk mengutak atik komputer 'rakitan' buatan sendiri.
Yuk mariiii....kita mulai saja.
Judul diatas memaksimalkan Komputer yang akan kita rakit sendiri, maksudnya dalam hal pemilihan komponen-komponennya.

1. Perlu disadari bahwa dunia Komputer selalu dalam keadaan 'Dinamis'...Revolusi teknologi bukan evolusi lagi. Perangkat Komputer selalu besinergi dengan perkembangan yang cepat dalam dunia 'Software'...kalau Sobat berkutat dengan komputer lamanya bakal dipastikan akan ketinggalan 'kereta'.
Software dan Hardware seperti Telur dan Ayam...siapa lebih dulu muncul. Software yang mempengaruhi perkembangan Hardware atau sebaliknya. Saya tidak akan mengajak Sobat untuk berpolemik, tetapi sekedar memberi gambaran bahwa sangat perlu memperhatikan kebutuhan komponen dari Komputer yang akan dirakit sendiri agar tidak ketinggalan jaman.
Sebuah 'Software' hanya akan ada atau lahir dari dan melalui sebuah Komputer/Hardware...(yee katanya udahan kok dilanjutin?). 'Software' berkembang biak sangat cepat sehingga jumlahnya ribuan jenis software, meninggalkan pesaingnya yaitu hardware yang jumlahnya tidak sebanyak kang software. (hihihi....udah ah).
Jadi maksud point 1 ini adalah buatlah sebuah komputer yang mampu mengakomodasi setiap perubahan perkembangan 'Software' paling tidak 5 tahun kedepan. Jelas?

2. Jiwa sebuah Komputer ada pada 'Motherboard'. (namanya aja mother artinya kan Ibu...hihi). Pahami atau berusaha mencari tahu motherboard apa gunanya, bagaimana kemampuannya, ketahanannya. minta saran sama yang pengalaman tentang merek atau produsen motherboard apa yang bagus. Walaupun vendor motherboard rata-rata memberikan 'Garansi' untuk produknya, tetapi jangan salah ketika memang bermasalah dikemudian hari kita malah malas untuk menukarnya karena toko tempat membelinya terlalu jauh dari rumah kita. (saya sendiri pernah mengalaminya, beli motherboard baru 2 tahun sudah rusak, mau kembalikan kwitansinya saja sudah gak ada, tempatnya jauh banget...alhasil jual banting harga setelah diutak-atik sedikit, Dapet duit sedikit langsung berburu komponen lagi....hihi. Oh iya belanja komplit dengan belanja sedikit juga menjadi alasan malasnya kembali ke toko, kalau belanja komplit seperti ada gairah tersendiri gitu loh...wew). Ada merek tertentu yang sekarang saya pakai dan 'setia' bersamanya, ada yang sudah 5 tahun, 3tahun, 2 tahun dan yang baru 3 bulan juga ada, semua mereknya sama dan teruji tak pernah bermasalah....hihi pingin kasih tau merek dagangnya tapi gak etis yah?

3. Untuk mengetahui komponen komputer, Sobat Blogger silakan browsing di google. Banyak alamat situs yang memberikan spesifikasi tertentu dengan harga yang bersaing.

4. Tentukan spesifikasinya, agar tidak ketinggalan jaman sampai pemakaian 5 tahun kedepan. Pelajari lah komponen yang berbasis pada 2 prosesor handal yang ada pada saat ini. AMD atau intel. Jika menggunakan AMD, tersedia pilihan soket dari Mobo AM1, Mobo AM2, AM3, FM1 dan FM2, Mobo 1155, 1156, 1366 atau 2011.
Jika kita melihat perkembangan teknologi AMD dan intel yang ada sekarang dan agar komputer bisa merespon perkembangan teknologi kedepan, maka pilihlah dua jenis urutan terakhir atau terbaru dari masing-masing vendor. AMD pilihlah AM3 atau FM2 untuk intel pilihlah 1366 atau 2011. Jika kita punya badget yang pas-pasan pilih diantara produk terbaru dan terakhir yang masih diproduksi di tengah-tengah (maksudnya kemampuan atau kecanggihan Mobo tersebut bukan yang tercanggih juga bukan yang terbelakang, jadi pilihlah yang sedang-sedang saja kemampuannya).



AMD

Intel
Mobo FX chipset


   
Optimis
Intel  Socket LGA 2011


Mobo GX chipset



Moderat
Intel  Socket LGA 1366


Mobo Crossfire
Pikir-pikir dulu deh
Intel  Socket LGA 775
Processor  FX 8-core




 
Optimis
Intel i7 Extreme 6 core


Processor Phenom II 4-core


 
Moderat
Intel  i5 4 core


Processor Sempron
Pikir-pikir dulu deh
Intel Pentium
 

5. Agar kedua komponen diatas bekerja maksimal, belilah komponen lainnya dengan faktor keseimbangan/balance agar jalan atau proses bekerjanya sebuah komputer tidak timpang, misalnya untuk keperluan memory RAM gunakan yang 4 Gb PC 12800 (perhatikan nilai PC tersebut semakin besar angkanya semakin kuat kinerjanya), Gunakan Harddisk SATA  mulai yang 250GB hingga 1TB,  jika diperlukan Graphic Card ada dua macam pilihan yaitu Nvidia dan Ati Radeon, pilihlah Bit yang besar misal VGA Card 1GB 256 Bit, Pakailah Power Supply yang cukup besar misal PSU 500watt.

Begitulah sekiranya penjelasan saya mengenai pengalaman pribadi, karena saya gak berani kasih tutorial selain hanya semata sebuah pengalaman...'pengalaman adalah guru yang terbaik'

Selamat mencoba. Keep Bloggong.

No comments: