Walikota Berjilbab di Bosnia | Gio Komputer

Thursday, November 1, 2012

Walikota Berjilbab di Bosnia

Amra Babic, Wali Kota Berhijab Pertama di Eropa

Amra Babic
VISOKO -- Kota Visoko akhirnya memiliki wali kota baru. Dalam pemilihan wali kota yang digelar pada Ahad (7/10), Amra Babic terpilih menjadi pemimpin di kota Visoko, Bosnia herzegovina,  sekaligus wali kota berhijab pertama di Eropa.
Bosnia dan Herzegovina, juga dikenal sebagai Republik Bosnia dan Herzegovina, adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km² (19.741 mil2) dengan jumlah sekitar empat juta penduduk. Negara Bosnia dikenal dalam bahasa resminya sebagai Bosna i Hercegovina dalam huruf Latin dan Босна и Херцеговина dalam huruf Sirilik; namun biasanya, dipendekkan menjadi Bosnia, BiH atau БиХ .

Peta Bosnia dan Herzegovina
''Ini adalah sejarah besar dalam demokrasi. Warga menunjukkan kematangannya berdemokrasi karena telah memilih saya seorang wanita dan mengenakan hijab,'' kata Babic seperti dikutip dari AFP.
Wanita berusia 43 tahun ini ( lahir tahun 1969) berhasil memperoleh suara sebesar 30 persen. Ucapan selamat pun terus membanjirinya.

Sebelum menjadi wali kota, ibu tiga anak ini adalah seorang ekonom. Dia bekerja di Kementerian Keuangan di daerah Zenca.


Muslim sendiri adalah agama terbesar di Bosnia. Sebanyak 40 persen dari 3,8 juta jumlah penduduknya beragama Islam.

 

Masjid Istiklal atau Masjid Dzamija Atau Masjid Soeharto
Saat Bosnia masih menjadi bagian dari Yugoslavia, pemakaian hijab dilarang. Namun setelah Bosnia merdeka, sebagian wanita muslim di negeri ini mengenakan hijab.

Pendapatan PDB Negara Bosnia dan Herzegovina pada tahun 2011 adalah US$ 32.04 Milyar atau Rp 307.58 Trilyun,-. Peringkat ke-108 dunia.

Pendapatan Perkapita Penduduknya US$ 8.200 atau setara dengan Rp. 78.720.000,-
Penghasilan Bosnia diperoleh dari sektor Pertanian sebesar 8.3%, sektor Industri 26,3 % dan Sektor Jasa 65,4%.


sumber :
http://www.republika.co.id
https://www.cia.gov

No comments: