Cara Mengetahui Motherboard PC | Gio Komputer

Sunday, October 21, 2012

Cara Mengetahui Motherboard PC

Bagi yang pernah memakai atau membeli  komputer second pastilah merasakan hal yang ini. Tidak bisa menemukan nama motherboard saat akan diinstall atau dimasukkannya drive-drive yang diperlukan. Kebiasaan kita membeli komputer bekas hanya dari penampilan fisiknya saja, padahal software-software bawaan dari komputer pun sangat diperlukan apabila dikemudian hari komputer mogok alias ngadat dan perlu penginstallan ulang.
Tapi untunglah ada beberapa jurus lain untuk menguak takbir nama atau jenis dari senuah motherboard. yang paling gampang adalah menggunakan fasilitas strat menu dan run :

 klik start pada kiri bawah layar monitor yang berwarna merah. kemudian klik Run...


Kemudian akan terbuka kotak dialog seperti ini, dan ketik : dxdiag

Layar monitor akan segera memunculkan informasi mengenai nama pembuat motherboard/merk, model/jenis motherboard, processor yang dipakai, ram yang tersedia dll.

Maka dari informasi diatas kita mengetahui bahwa Motherboard tersebut merk GigaByte nomor kode P31-ES3G. lalu browsing di google dengan kode tersebut mencari driver yang diperlukan setelah didapat langsung download softwarenya. selesai.

Tapi ada kalanya jurus yang satu tidak selalu mempan, karena memang umur motherboard komputer dengan ketersediaan software driver belum tentu selalu tersedia. Biasanya vendor atau pembuat motherboard tidak akan menyimpan driver berlama-lama dikarenakan produksi dan jenis motherboard selalu berkembang, berganti dengan yang lebih baik untuk menghadapi persaingan pasar.
Kalu sudah demikian diperlukan sebuah software pembaca drive pada motherboard komputer dan namanya sangat banyak, saya kasih contoh beberapa saja disini software pembaca driver komputer :

1, CPU-Z v 1.61, Software ini dubuat oleh CPUID yang berlokasi di Dunkerque, kota pelabuhan di negara Perancis bagian utara. Tidak dianjurkan untuk pengguna windows 8, karena sistim timer software CPU-Z bertolak belakang dengan sistem pada microsoft win 8, akan mengakibatkan sistem crash pada pengaturan jam. Silahkan pilih file  EXE nya.
Download CPU-Z

2. HWINFO32, Software buatan Realix Corporation di Republik Slovakia bagian Eropa. Sementara tidak ada keluhan dengan software yang ini atau tidak ada report/laporan mengenai crash report. Silahkan memilih file EXE, dengan softpedia downloader.

 Download HWINFO 32

Demikian kira-kira langkah-langkah dalam melihat atau mencari jenis motherboard pada komputer. 
Semoga bermanfaat....keep surfing n keep blogging.

image by google
software by HWINFO.com
and CPUID.com. 
 

No comments: