Memperbaiki masalah Ink Low pada Canon IP2770 | Gio Komputer

Saturday, January 12, 2013

Memperbaiki masalah Ink Low pada Canon IP2770

Cara memperbaiki masalah Low Ink pada Printer Canon IP2770.

Masalah ini berawal ketika saya mengalami 'masuk angin' pada tinta infus yang terpasang pada printer Canon IP2770.

Canon ip2770


Karena awam dalam soal printer saya copot aja semua tinta dan cartridgenya (dengan penuh percaya diri) termasuk selang infus dengan harapan setelah mencopot selang infus,  tinta mau keluar lagi dan masuk agin pun hilang. Dasar awan hihi...tangan sudah belepotan, tinta infus sudah mo habis, tetap saja tuh selang masih 'masuk angin'. akhirnya saya pun menelusuri mbah Google buat cari 'obatnya'. (sayang sekali tinta infusan ini tidak seperti yg saya bayangkan....akan mengirit biaya dan pemakaian yg lama....ternyata baru habis setengah rim kertas saja sudah ngadat.)
Akhirnya saya bawa ke'bengkel'...hasil diagnosa 'bengkel' harus ganti cartridgenya karena rusak dua-duanya. (hmm....perasaan nih cartidge baru berumur 3 bln dan saya beli baru semuanya dari printer, infusan termasuk cartridge). Dengan sangat kecewa sayapun bawa pulang lagi printer saya. (soalnya kl harus ganti cartidge yang ori....bisa habis 400rban...padahal dompet lagi tipis).
Dirumah penasaran googling lagi...perintahnya disana sama semua pencat ini pencet itu semua sama...dan hasilnya ndak ada...hufp tape deh.
Dalam suatu kesempatan saya jalan-jalan ke Cempaka Mas...hasil cuci mata setelah belanja ini itu...akhirnya sy putuskan membeli tinta Black n color...bukan ori...tapi yg biasa karena dapat harga setengahnya dari ori...dengan jaminan "bagus pak, gak kalah sama tinta ori".
Setelah dirumah saya taruh...berhubung kesibukan saya dan malas urusin tinta maka saya diamkan tuh tinta sampai 4 hari berlalu.
Dalam waktu senggang akhirnya saya pasang tinta 'abal-abal' tadi....hasilnya....
Saya sempat kecewa dan ingin rasanya telepon ke toko penjual tinta tadi dan memarahinya....
Tapi dalam hati ngapain lah....belum tentu masalahnya kelar.
Jadi...saya googling lagi...hasilnya tetap sama disuruh pencet ini-pencet itu tekan ini tekan itu...printer tetap bungkam.
Dalam kepasrahan saya....akhirnya terkuak juga misteri indikator  menyala terus 'low ink'
Setiap saya tekan perintah print di komputer maka selalu akan muncul 'low ink' dan printer pun harus di cancel.
Ternyata sederhana saja caranya sob:

1. Buat perintah printing di komputer sobat dengan microsoft word atau windows picture manager atau apa sajalah program untuk ngeprint.

2. Apabila pada layar komputer sobat muncul indikasi 'low ink' abaikan saja.

3. Nyalakan printer sobat dengan kertas terpasang.

kertas sudah terpasang pada printer


4. Dalam hal demikian lampu indikatr pada printer akan selalu berkedip dan printing tidak berjalan...abaikan

 canon pixma driver
5. Abaikan indikator-indikator yg muncul dilayar monitor sobat, yang perlu sobat lakukan hanya simpel saja....tekan lampu indikator 'low ink' pada printer selama mungkin.

tekan lampu indikator selama mungkin
6. Maka printerpun akan berjalan normal seperti biasanya...indikator dilayar monitorpun akan hilang dengan sendirinya. Setelah printer berjalan normal barulah lepas jari sobat pada printer.

7. Lakukan printing mencetak ulang dan printer sudah bisa berjalan normal tanpa harus ditekan-tekan lagi. OK!

8. Sukses

Begitulah Sobat Blogger pengalaman yang pernah saya alami.
Sementara tinta infusnya saya simpan dulu sambil mencari solusi untuk memperbaikinya...apabila sudah dapat cara memperbaiki tinta masuk angin....insya Allah akan saya sampaikan untuk sobat-sobat tercinta.


6 comments:

Unknown said...

permisi gan mau numpang tanya , kalo misalnya di tampilan layar ada peringantan "ink is running low" tapi di printer led warna orange gak berkedip itu solusinya gimana yah ?

Unknown said...

Mas Janu Prakoso jika led tidak berkedip, biasanya tidak ada masalah saat ngeprint, tapi bila memang demikian adanya coba lakukan beberapa langkah berikut :
1. Cabut kabel power dalam keadaan printer hidup, tunggu beberapa saat(10 detik), lalu tancapkan lagi kabel power tersebut.
2. Apabila masih ngadat, matikan printer lalu buka penutup printer dan biarkan terbuka, kemudian geser dengan lembut cartridge tinta black dan warna ke tengah, buka penutup cartridge tersebut dua-auanya, dalam posisi demikian nyalakan printer biarkan cartridge bergeser kekiri dan kekanan sampai menabrak tepi printer, setelah berada ditengan kembali tutup cartridge dan penutup printernya.
Semoga bermanfaat.

Unknown said...

bagus saya cobanya pas ada tanda low ink
kaosrapakat.wordpress.com

Ezra Imanuel Bima said...

Kalau peringatan low ink selalu ada, tp buat print msih lancar aj... itu gimana???

Unknown said...

Catrik masih baru tapi hasilx putus2 mohon solusix

Unknown said...

Catrik baru beli , tp ko ngeprint cetaknya lama bnget , mhon solusix