Langkah-langkah Seting Warnet | Gio Komputer

Wednesday, November 7, 2012

Langkah-langkah Seting Warnet

Sebagai lanjutan dari 'Cara Seting Warnet sendiri'......
Saya akan berikan rinciannya satu persatu agar Sobat Blogger mania dapat memahami alur-alurnya, sehingga bagi pemulapun dapat menerapkan sendiri dalam usaha tersebut.

1. Persiapkan perakitan Komputer. (usahakan jadikan satu kompi terlebih dahulu, agar pada saat teknisi sambungan internet datang kita sudah siap dengan komputernya. dan jadikan kompi awal ini sebagai kompi server). Mengenai perakitan komputer bisa Sobat baca terlebih dahulu di : 'Merakit Komputer Sendiri
2. Apabila Sobat Blogger sudah membuat 1 unit komputer berdasar panduan diatas, maka lansung saja di install program-programnya kedalam komputer. Pertama kali masukan Program Operating Systemnya seperti Windows Xp2, Xp3 atau windows 7, Win 8 dll, gunakan saja Windows Xp Sp2.(lihat cara install windows) Selanjutnya Install Driver yang biasanya setiap pembelian komponen komputer pasti disertakan CD Drivernya terutama Driver Motherboard atau Driver Vga card (Drive untuk ethernet, sound dan fungsi-fungsi lain yang terdapat dalam OS winndows), .kemudian install juga program Office lalu software Game. Untuk Game Online biasanya sudah disediakan oleh vendornya masing-masing jadi tinggal di download aja langsung setelah komputer berfungsi.
3. Setelah semua program utama di install ( Program OS dan Office, Program Driver), kemudian cek apakah sudah berfungsi atau belum, misalnya untuk ethernet dan driver suara apakah sudah berbunyi atau belum.) Jika semua sudah berfungsi kecuali ethernet untuk network connection, karena harus menunggu sambungan internetnya terpasang dahulu.Untuk mempercepat dan menghemat waktu, gunakan software 'Kloning'. Satu persatu dikloning sesuai jumlah unit komputer yang Sobat beli.
4. Jika semua kompi sudah di Install, selanjutnya mempersiapkan pembuatan Kabel Rj45. Hitung masing-masing panjang kabel dari komputer billing sampai ke komputer client. Misal jaraknya 3m, 5m, 7m, 9m, 11m,13m atau 15m. (lihat debah warnet, asumsi pemakaian tempat adalah sebuah garasi, paviliun atau ukuran kios pada umumnya). Dengan jumlah unit yang bisa terpasang 16 kompi.(1 server dan 15 client).

Denah Warnet

5. Potonglah Kabel UTP sebagaimana diperlukan.Sesuia panjang dan kebutuhannya.

Kabel UTP
6. Setelah dipotong-potong, lalu kupaslah kabel UTP tersebut. Sehingga terlihat 8 kabel tipis didalamnya. lalu urutkan untuk membuat kabel jaringan model Crossover.

Kabel UTP sudah dikupas 8 kawat

7. Ambil konektor Rj45. lalu buatkan kombinasi model kabel 'crossover', Tpe 568A dan 568B. Ujung yang satu (T568A) dengan kombinasi kawat(kabel) Putih,hijau/Hijau/Putih,Orange/Biru/Putih,Biru.Orange/Putih,Coklat/Coklat.(urutkan dari kiri ke kanan).




8. Kabel Rj45 T 568B, Putih,Orange/Orange/Putih Hijau/Biru/Putih Biru/Hijau/Putih coklat/Coklat. Kupas bagian ujung kabel sehingga tidak tertutup bungkus, lalu masukkan ke dalam konektor (supaya urut dan benar konektor harus selalu menghadap kebawah), Lalu terakhir jepit dengan tang Crimping.(perhatikan kombinasi warna pada kombinasi T 568A dan 568B).

Konektor selalu menghadap ke bawah



jepit konektor denagn crimping

9.Lakukan semuanya seperti itu. Jika sudah jadi akan seperti ini . Buatlah kabel yang sama sebanyak unit komputer yang ada plus 1 untuk server. (15client + 1 server).



10. Penyambungan kabel Rj45 ke Router. dan menggunakan Switch Hub 24 ports. Setiap penyambungan Internet baik itu dari PT, Telkom Speedy maupun Provider lain, pasti akan diberikan 1 buah router, yaitu alat penerima sambungan data internet dari provider dan penghubung kepada penerima sambungan. Setelah selesai memasang semua kabel RJ45, Sobat Blogger tinggal menunggu petugas Teknisi Speedy atau provider yang lain datang untuk menyambung internet, biasanya ada dalam jangka waktu 1 x 24 jam setelah kabel provider terpasang.

Router


11. Selesai.

Selamat mencoba dan semoga usahanya lancar.

No comments: