Cara Menginstall Windows | Gio Komputer

Sunday, October 21, 2012

Cara Menginstall Windows

Menginstall Windows adalah pekerjaan mudah karena kita tinggal mengikuti petunjuk dari software windows yang di install tadi.
Walau demikian penulis juga pernah merasa kesusahan pada awal-awalnya mencoba menginstall wiindows pada komputer pribadi.
Ada beberapa alasan untuk menginstall windows, yaitu :
Pertama, Harddisk memang belum terisi program apa-apa karena baru membelinya.jadi kita harus menginstal Operating System pada harddisk tersebut agar komputer bisa digunakan.
Kedua karena alasan kerusakan oleh virus, komputer menjadi lemot karena program exe yang terinstall di haeddisk sudah terkontaminasi virus.
Kemudian ketiga alasan harddisk terkena bad sector.
Pada dasarnya Microsoft telah memberikan kemudahan-kemudahan untuk proses penginstalan.
Ada beberapa pilihan OS yang akan diinstall, diantaranya Windows Xp, Windows 2003, Windows XP2, XP3, Windows 7 atau bahkan OS Linux dan OS Mac.
Tergantung Os yang mana yang kita kuasai.

Persiapkan  CD Room atau DVD Room, kalau ga punya pinjam sama teman, kemudian tentu saja persiapkan SOftware Windowsnya.
Jika DVD room tidak terpasang di dalam CPU atau DVD portable, maka kita harus mencari Kabel power untuk DVD room dan kabel Datanya, kabel SATA atau Kabel IDE.
Saran saya belilah Harddisk yang SATA. OK jika persiapan sudah beres dan semua sudah terpasang pada tempatnya, maka mulailah menyalakan komputernya.

Pada saat komputer mulai menyala, tekanlah tombol DELETE pada keyboard berulang-ulang seperti mengetuk-ngetuk, maksudnya kita akan seting BIOS terlebih dahulu agar mendeteksi VD/DVD Room dan akan kita gunakan sebagai First Booting.

 

Selanjutnya komputer akan menampakkan gambar/jendela seperti dibawah ini. Pilih advanced BIOS Features setup pada baris kedua.



Selanjutnya layar akan menampilkan gambar seperti berikut : Pilih First Boot Device dengan [CDrom] atau [DVD Rom].



Selanjutnya Tekan F 10 lalu ketik Y,  lalu tekan enter. Restat komputer.
Mulai proses penginstalan :
1. Jika komputer sudah Booting dan keluar perintah 'Press any key to boot from CD ...', segera tekan sembarang tombol pada keyboard.



2. Selanjutnya layar Komputer akan keluar gambar seperti berikut, lalu tekan F8


3. Selanjutnya muncul gambar seperti ini. Tekan C pada keyboard untuk membuat partisi baru.



4. Lalu muncul gambar seperti ini, untuk memasukan seberapa besar isi di dalam drive C dalam ukuran Mega Byte , sebagai tips bagi yang baru pertama kali menginstall, masukkan 10% sampai 20% dari kapasitas harddisk keseluruhan. sebagai contoh untukk harddisk 200 GB, maka untuk drive C cukup masukkan 20%nya yaitu 40 GB. masukan angka yang unik seperti 39.789 MB.



5. Selanjutnya akan muncul gambar untuk memasukkan partisi di D atau drive D, biasanya secara otomatos drive D terisi dengan sisa Byte setelah dikurangi partisi di drive C tadi. Arahkan highlite pada partisi D dan tekan C untuk mengkreat partisi drive D.


6. Selanjutnya sorot atau highlite pindahkan ke baris paling atas atau format NTFS dengan system (Quick), tekan Enter untuk melakukan proses instal 



7. Selanjutnya tunggu sampai  komputer selesai menginstall atau memproses partisi, apabila sudah selesai maka akan tampil gambar seperti berikut.




8. Selanjutnya akan keluar gambar seperti dibawah ini, maka ikuti saja petunjuk penginstalan selanjutnya dengan mengklik mouse pada pilihan NEXT.





9. Selanjutnya isi Nama dengan none dan Organisasi bisa dikosongkan lalu tekan Next.




10. Selanjutnya isi Produk Key atau Serial Number, lalu tekan NEXT.



11. Selanjutnya ketik nama komputer, misal PC-01, lalu abaikan saja password lalu tekan NEXT




12. Seting Zona waktu dengan posisi (GMT+70:00), Bangkok, Hanoi, Jakarta lalu  klik Next.




Setelah tampil gambar start up menu windows berarti proses install sudah selesai dan sukses.


     image by google.

No comments: