Cara Seting WARNET sendiri | Gio Komputer

Wednesday, November 7, 2012

Cara Seting WARNET sendiri

Sobat Blogger Mania yang berbahagia...(hehe kaya lagi mo pidato ya). Pengalaman adalah guru yang terbaik. Yup, itu betul sekali....tapi terkadang harus dibayar mahal tuh 'pengalaman'nya.
Sobat Blogger Mania yang sekiranya sekarang baru berniat membuat WARNET, atau mau berusaha di bidang 'Warung Internet', harus punya perhitungan yang matang (ah klise ya).
Saya sudah pernah diminta teman-teman (masing-masing individu nih, maksudnya ada 3 orang teman saya) untuk membantu memasang perangkat Warnet dirumahnya atau di tempat usahanya. Hanya saja berhubung kegiatan masing-masing yang padat, hanya 1 teman yang sempat saya bantu. Itu pun 'terlambat', maksudnya sudah terpasang semuanya baru dia mengeluh ada banyak masalah disana-sini dengan Warnetnya.
Sobat Blogger mania, Penulis(saya) sendiri sebelum terjun sendiri mengelola Warnet, disempat-sempatkan 'training' dulu di Warnet punya teman kurang lebih 6 bulan lamanya. Lama memang magangnya, tetapi itupun hanya membuka wawasan hanya sedikit tentang lika-liku warnet. Hanya sebatas mampu mengoperasikan billing, bagaimana cara menservis tamu warnet, melayani dan apa saja yang bisa dijual selain menjual produk internet. Untuk sampai ke tahap service sendiri kerusakan komputer hanya sebatas menghilangkan virus. Jadi apabila Sobat Blogger Mania mau berniat menjalani usaha dengan 'WARNET' harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut :
1. Persiapkan pengetahuan tentang komputer
2. Pelajari tentang sambungan Internet
3. Nekat.
Haha....yang no 3 memang saya jalani lebih dulu pada waktu itu, ya 'nekat'. Apapun yang terjadi terjadilah. Walhasil dan walakhir saya kena .'pemborosan' sampai Rp. 7,5 juta dari total yang saya keluarkan buat membuka usaha warnet. Padahal yang membantu waktu itu adalah orang yang direkomendasikan oleh teman saya untuk menngurus segala sesuatunya dari belanja hingga warnet siap digunakan. Yah, apa boleh buat, namanya juga nekat, makanya 'pengalaman' itu mahal harganya. kan? kalau dihitung-hitung bsa dapet 3 unit kompi lagi tuh. Tapi mo dibilang apa. Nasi sudah jadi bubur.
Terkadang ilmu itu datang saat kita dalam keterpaksaan, kita dipaksa untuk mengerti sesuatu. Seperti halnya saya waktu itu setelah selesai dibantu oleh 'teman' maka saya sendirian mengelola warnet. Belakangan ternyata saya sadar bahwa yang benar-benar menjadi 'teman' saya adalah Mbah Google. Ya, betul sekali....lewat Google lah saya menambah ilmu tentang komputer dan seluk-beluk Warnet.
Ok! begitulah awal muasalnya saya ingin menulis artikel ini, tak lain hanya ingin memberi sedikit arahan bagi Sobat Blogger yang baru terjun pertama kali di bidang perWARNETan dan mungkin juga ada yang jadi korban akal-akalan 'teman' yang pura-pura membantu....hehe (jangan sampe ya....cukup saya aja).
Bagi para suhu Blogger Tutorial mungkin tulisan ini tidak berarti apa-apa, tetapi saya percaya bahwa masih ada Sobat Blogger yang memerlukan bantuan walaupun hanya sedikit dari saya.
Baiklah kita akan mulai persiapan 'Cara Seting WARNET sendiri', silahkan disimak.
1. Persiapkan dananya....(hhihi...anak kecil jg dah tau yang ini mah ya).
2. Persiapkan Sarana dan perlengkapan seperti berikut ini :
Persiapkan Meja dan kursi, sesuaikan dengan jumlah unit komputer, buat berhadap-hadapan agar             mengirit tempat.
Belilah peralatan dan perlengkapan seperti : Kabel UTP (beli 1 gulung @ 100m), Konektor Rj45, Tang Crimping, Switch hub 24 ports atau sesuai jumlah kompi warnet, Tester Rj45.

Meja WARNET, berhadap-hadapan
Kabel UTP, Tang Crimping, Konektor Rj 45, Router 16 ports, Tester Rj45
3. Beli software-software yang diperlukan seperti OS Windows (Xp2, Xp3, Wins 7 dll), software Office, software Game dan aplikasi pendukung lainnya.
4 Belanja Komputer. Sasaran pasar atau pelanggan usaha Warnet adalah bukan saja mereka yang hobi Browsing (Facebook. Tweeter, YM) dan para pelajar yang membuat tugas pengetikan, tetapi pangsa terbesar adalah dari pelanggan 'Gamers' yaitu mereka yang hobi memainkan game baik Online maupun game offline. Jadi usahakan memilih spesifikasi komputer dengan batasan untuk para gamers tersebut.
Standar Komputer spesifikasi gamers adalah :
(Dalam memilih perangkat komponen komputer Sobat Blogger bisa memilih antara produk intel atau AMD)
disini penulis berorientasi pada merk perangkat AMD. Selain itu penulis tidak sarankan untuk memilih komputer branded yang sudah jadi 1 paket akan tetapi disarankan untuk membuat komputer rakitan sendiri, untuk urusan merakit komputer, Mbah google sudah menyediakan panduan dari para Tutor Blogger.
* Motherboard AMD GA A55M DS2, Socket FM1
* Processor AMD Liano A4-X2 3400 (Radeon HD6410D) (2700Mhz,2x512KiB) AMD FM1
* Memory V-Gen 4 GB PC 10600/1333Mhz, DDR3
* Harddisk 500GB SATA III, WDC, 4500 Rpm, 3,5inch
* VGA card VAIKOO GTX 580 1GB, 128 bit, DDR3 Nvidia PCI Express
* Monitor LCD 20" AOC widescreen
* Casing value Power UP 500W
*  Keyboard Mouse Logitech 

Komputer rakitan

 5. Daftarkan segera sambungan Internet, Jika ingin memakai Speedy telepon saja '147', jika memasang provider lain pastikan bayarnya tidak terlalu mahal dan kwalitas sambungan Internetnya bersih, stabil dan lancar. Beberapa contoh provider : Fastnet (First Media), Biznet, Proudnet. Sebelumnya ari tahu jangkauan areanya.

Selengkapnya dapat dilihat di : Langkah-langkah Memulai Usaha Warnet.

2 comments:

Byunk Bravo said...

Terjadi pemborosan dalam hal VGA karna hanya dengan AMD Liano saja sudah bisa bermain game online dan offline tanpa lag di lcd.

Anda menulis "Processor AMD Liano A4-X2 3400 (Radeon HD6410D) (2700Mhz,2x512KiB) AMD FM1" maka bisa dipastikan AMD ini memang untuk gaming murah meriah tanpa memerlukan VGA lagi (search aja di google) asal settingan video di game client sudah kita setting terlebih dahulu dengan "low-res" agar didapatkan performance yg top tanpa lag.

Untuk menunjang performa maksimum dapat menggunakan : "Visipro 4Gb PC 12800 / 1600Mhz DDR3" maka akan tambah maknyos dari pada menggunakan Vgen yg anda tulis.

HDD terlalu besar, kisaran game online paling banter 10 GB, HDD 250 GB saya rasa sudah cukup untuk 25-30 game.
Usahakan menggunakan game online yg servernya sudah di indonesia smua untuk meminimalisir lag connection dalam bermain dikarnakan jauhnya letak server game tersebut.

Provider game online indonesia antara lain Megaxus , Lytogame dan masih banyak lainnya.

salam.

Unknown said...

Terima kasih Bang Byung Bravo,
Masukan anda sangat berarti,
Yah, saya memang masih baru belajar menulis itupun hanya dari pengalaman penulis sendiri dan sudah terbukti ketahanan fisik dari komputer tersebut. Keep Blogging!!!