Pesona Pantai Kuta | Gio Komputer

Monday, October 22, 2012

Pesona Pantai Kuta


Sunset di Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai kebalikannya dari pantai Sanur.
Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.
Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Peta Pulau Bali berada di ujung kanan Pulau Jawa
Kabupaten Badung mempunyai luas 420.09 Km2 dengan jumlah penduduk 543.332 jiwa, mayoritas beragama Hindu, mempunyai 6 Kecamatan dan 63 Kelurahan. Kabupaten Badung menghasilkan PAD (Penghasilan Asli Daerah) sebesar : Rp. 156.9 Milyar, termasuk pendapatan dari wisata pantai Kuta tentunya, selain itu juga ada beberapa tempat wisata lainnya yang juga sering dikunjungi wasatawan, seperti air terjun Nungnung, dan lokasi Ayung Rafting.

para turis sedang menikmati suasana pantai

Wisatawan sedang menikmati berselancar (surfing)

Setiap tahun mayarakat Hindu Bali merayakan Upacara Melasti yang dimulai tiga hari sebelum hari raya Nyepi, Pada hari itu, umat Hindu berduyun-duyun membawa segala sarana persembahyangan yang ada di Pura. Tak ketinggalan membawa sesaji untuk diarak menuju laut atau danau. Laut dan danau adalah sumber air suci yang bisa menyucikan segala kotoran dalam diri manusia dan alam. Kemudian sehari menjelang Nyepi dilakukan upacara adat Tawur Kesanga yaitu mensucikan bumi dan mengusir roh-roh jahat yang dilambangkan dengan ogoh-ogoh dimana ogoh-ogoh sebagai simbul kejahatan yang harus dimusnahkan.

pada saat upacara, turis-turis dilarang mandi di laut
Upacara Melasti



Kuta Bali, juga menyediakan saarana untuk istirahat dan bermalam selama menikmati masa liburan di tempat wisata berupa Hotel, Holiday Inn, Villa dan banyak lagi resort lainnya yang memberikan pelayanan memuaskan untuk para turis yang berkunjung ke kota wisata pantai Kuta. 




Pantai Kuta adalah salah satu kebanggaan milik bangsa Indonesia. Happy holliday...

Keep Blogging.
reff dari wikipedia.org
dan google.co.id

No comments: