Membersihkan Komputer dengan cara dicuci | Gio Komputer

Monday, October 22, 2012

Membersihkan Komputer dengan cara dicuci

Saya akan sedikit menceritakan pengalaman dan ini sebenarnya merupakan suatu rahasia bahkan top secret.
Bahkan kalo sampai saya ketauan menceritakan pengalaman ini bisa-bisa saya dipanggil sama...mertua.....(loh??)....apa hubungannya sama mertua ya gan?
Terus gimana donk nih gan....kasih tau gak yuaaaaa
Okelah kalu begitu..(.terpaksa saya ceritakan juga nih rahasia....)

Konon....(jiahhhh). waktu saya pusing tujuh keliling gara-gara ulah komputer yang satu ini, dah disangka banyak virus terus di repair drive C nya...eh masih lemot juga.
terpaksa di install total semua partisi tak babat semua habis...ganti yang baru. suegerrr kan?
tapi ternyata gak juga gan....tuh kompi masih aja lemot....gimana gak pusing.
googling udah, repair udah, install ulang udah...terus ape lagi nih.

Eh...dasar rejeki gan....saya ketemu sama temen seprofesi (jiahhhh). Gak sengaja saya ceritainnya juga, tapi respon temen saya mantab juga gan....akhirnya saya praktekan juga tuh saran dari temen....supaya kompi saya ga lemot lagi. Kenapa kompi saya lemot....karena memang jam terbangnya sudah banyak alias sudah berumur tuh komputer. harusnya sudah masuk ke tukang loak kali....

Jawaban temen saya sederhana aja gan...karena dia juga sering mendapatkan komputer jenis punya saya...yaitu jenis komputer uzur....hihihi...temen saya leih parah lagi gan, komputernya kebanjiran alias kelelep alias kerendem lumpur bekas banjir tahun 2007 dijakarta selama 1 minggu....hmmmm
Ok...akhirnya saya praktekan saran dari teman saya.

Persiapan mencuci komputer.
siapkan alat bantu seperti ini :




1. Bongkar komputernya, mulai dari casing.
(ingat hasil bongkaran dikumpulkan disuatu tempat yang aman dari anak-anak, agar pas memasangnya lagi tidak ada satupun yang hilang atau berpindah tempat).

2. komponen komponen didalam CPU satu persatu dibuka. mulai dari harddisk, dvd rom, power supply , kipas, heatsink dan terakhir bongkar motherboardnya..(jangan lupa menaruh semua baut-baut dalam satu wadah agar tidak berantakan dan hilang).
Bukalah tutup/casing power suplai, agar bisa dicuci bagian dalamnya. dan mencuci kipasnya.


 3. Pasang  selang air pada kran gunakan slang yang cukup panjang.agar sampai di tarik keluar dari kamar mandisampai ke halaman rumah.

4. Mandikan / cuci  motherboard, power supply, hetsink dan casing. (semua dicuci dengan air, ingat hanya dengan air jangan pakai sabun apalagi deterjen, karena akan meninggalkan  plak pada pcb motherboarnya.), kenapa pakai selang,? supaya semprotan air bisa bisa lebih kenceng dengan memijit selangnya dan gunanya supaya kotoran-kotoran yang berada disela-sela atau dilepitan-lepitan bisa ikut terbuang dengan cara disemprot. dengan sedikit bantuan kwas agar lebih bisa masuk ke sela-sela yang sempit seperti slot memori dan slot vga. Jika ada debu yang lengket dan susah disemprot maka gunakan sikat gigi bekas tetapi yang bersih jangan yang sudah kotor (lakukan dengan hati-hati jangan sampai kaki-kaki komponen yang kecil- kecil copot atau patah).
Jangan takut mencuci komponen komputer, dijamin aman.
ingat yang boleh dicuci dan aman untuk dicuci adalah mother board, power supply, heatsink, kipas, processor dan casing'
Sedangkan CDrom, memori Ram, Vga card cukup dibersihkan dengan kwas kering dan lap bersih yang dibasahi alkohol.
  
5. Selesai mencuci kemudian dijemur...oh iya sebaiknya pembersihan atau pencucian dilakukan dalam keadaan cuaca terang benderang dengan panas terik matahari yang panas. Agar komponen yang basah sehabis dicuci cepat kering.
walaupun begitu, saya menjemurnya hingga 3 hari gan, supaya yakin benar-benar kering sampai kesela selanya. Apabila gak sabaran pakailah alkohol 70% dan lakukan pembersihan dengan kwas bersih yang telah dibasahi dengan alkohol atau dengan lap bersih yang juga sudah dibasahi dengan alkohol. Diharapkan dengan bantuan alkohol air yang tejebak disela-sela ikut menguap, karena alkohol lebih cepat menguap dan keringnya cepat, kalau belum puas juga dibantu dengan menggunakan kipas angin duduk.


6.  Merakit kembali, apabila semua telah kering (perhatikan agar komponen benar-benar kering) komponen tersebut dirakit kembali pada casing komputer. Pasanglah motherboard terlebih dahulu.
Harddisk, memory Ram dan cdrom cukup dibersihkan dengan lap bersih. Untuk membersihkan RAM saya biasanya gunakan cara tradisional yaitu dengan penghapus atau hapusan pensil, jangan hapusan pulpen karena terlalu kasar. Lakukan penghapusan seperti kita menghapus tulisan dibuku, apabila sudah selesai gunakan kwas agar sisa-sisa rontokan dari hapusan tadi benar-benar terlepas dari memori ram.
Bersihkan processor dari kotoran bekas gel yang biasanya sudah mengering, gunakan lap yang berserat halus dan alkohol, bersihkan sampai sisa-sisa gel terangkat habis dan processor menjadi bersih kembali.
Pada waktu memasang heatsink dan prosesor jangan lupa meamakai gel sebagai penahan panas pada prosesor, apabila tidak punya gel khusus, gunakan odol atau pasta gigi di kamar mandi dan oleskan pada heatsink dan processornya sebagai pengganti gel sementara sebelum kita membeli lagi gelnya..

7. Selesai merakit kembali, segera di install Operating Systemnya.

8. Selesai.

Dijamin komputer agan tokcer kembali seperti baru beli....selamat mencoba.

hasil pengalaman pribadi
gambar dari google di ilustrasikan dengan photoshop.

2 comments:

jakarta bandung said...

tks infonya gan. . . manfaat bangett nih buat cpu ane yg kna korban banjir.. ^_^

Unknown said...

sama-sama gan, semoga bermanfaat