OS | Gio Komputer

Thursday, October 11, 2012

OS

OS atau Operating System yang pada awalnya dibuat oleh para insinyur IBM kini telah berkembang pesat menjadi berbagai macam Operating system dengan bermacam-macam nama.
1. DOS.
Disk Operating System dibuat pada tahun 1980-an oleh Microsoft yang dibeli lisensinya oleh IBM. Dos pertama kali menggunakan sistem CUI (Character User Interface). Sebuah sarana komunikasi antara program dan user, hanya didasarkan pada masukan tekstual. Perintah adalah masukan dengan bantuan keyboard atau perangkat serupa dan diinterprestasikan dan dieksekusi oleh program. 
DOS kemudian berkembang menjadi beberapa varian sesuai kebutuhan dimasa itu, seperti
Q-DOS(Quick and Disk Operating System), MS-DOS(Microsoft DOS), PC-DOS hasil dari re-build dari MSDOos oleh IBM, DR-DOS (DIgital Research Disk Operating System) dibuat oleh Gary Kildall, Caldera DOS dari Novell Personal Netware, FreeDos hasil pengembangan dari Caldera.

logo MS-DOS

Tampilan DOS pada komputer
2. Windows
Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft, mulai diperkenalkan pada tahun 1983 sebagai Windows Graphic Environment yang mengembangkan sistem MS-Dos tetapi dengan teknologi GUI (Grphic User Interfase) menggantikan CUI (Character User Interface)
Widows kemudian berkembang dan sangat populer menguasai hampir 90% bursa OS. Generasi pertama Windows v1, kemudian berkembang menjadi Windows 2.0, Windows 3.0. Win 95, Win 98, Win NT, Win 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.


logo Windows Vista
tampilan Win Xp


3. Linux
Sistem Operasi komputer yang bertipe Unix. hasil dari pengembangan perangkat lunak(software) dan sumber terbuka(open sources). sehingga dapat dimodifikasi, didistribusikan dan digunakan secara bebas oleh pengguna komputer. dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds yang mengadaptasi sistem operasi GNU dari Richard Stallman (1983).
Sistem Operasi Linux (Linux Distribution) sudah termasuk perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, desktop, office suite dll. Sekarang Linux telah digunakan di berbagai domain, dari sistem benam sampai super komputer dan mempunyai sistem instalasi server yang populer bernama aplikasi LAMP (Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python).

logo linux

Tampilan Linux pada komputer
4. Mac Os
Macintosh Operating system ini dibuat oleh Apple Computer, mulai diperkenalkan tahun 1984. Mac Os kemudian dikembangkan menjadi Mac Os X yang dirilis tahun 2001 sebagai software yang dapat mengoperasikan fungsi-fungsi SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Mac Os juga mengadaptasi sistem Unix dan Os ini memiliki tampilan yang lebih cantik dari os lainnya.

logo Mac Os

Tampilan Mac Os X
5. iOS
Sistem Operasi ini dari Apple komputer, awalnya ditujukan untuk sistim operasi iPhone, kemudian dikembangkan hingga bisa mendukung iPad, Televisi dll. Sistem iOS mengadaptasi Mac Os X dengan ciri-ciri sebagaimana sistem operasi Unix.

logo iOS 6

tampilan iOS
 6. Android
Sistem Operasi berbasis Linux ini dibeli oleh Google dari hasil ciptaan Android Inc. Jenis OS ini  diperuntukkan pada pemakaian telepon seluler, smart phone atau komputer tablet. dalam perjalanan sistem  Android ini membentuk Open Handset Alliance, Konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan hardware yang selain Google juga termasuk, intel, Motorola, Qualcomm, T-mobile, Nvidia dll.

logo Android

Tampilan Android
 sumber image : http://google,co,id

No comments: