Komputer Mini | Gio Komputer

Sunday, October 21, 2012

Komputer Mini

Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user adalah  komputer pribadi (PC). 
Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno, tidak relevan dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.
Pada masanya yaitu tahun 1965 saat Komputer mini  PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dibuat oleh Digital Equipment Corporation (DEC), komputer ini secara harfiah adalah mini yaitu bila diklasifikasikan dengan komputer Mainframe. Walaupun disebut mini tetapi bukan dalam ukuran fisik.

model VAX780, mini komputer

PDP9, mini komputer
Xerox Alto mini komputer
IBM 1620, mini komputer

Sekarang Teknologi komputer sudah sangat pesat perkembangannya telah lahir komputer-komputer 'mini' dalam arti sebenarnya yaitu kecil/kompak. Personal Computer contohnya untuk penggunaan single user, laptop, notebook, PAD, Tablet dan banyak lagi yang memang benar-benar mini secara fisik.

reff : wikipedia.org
image by google

No comments: