Jenis-Jenis Komputer | Gio Komputer

Sunday, October 21, 2012

Jenis-Jenis Komputer



Jenis Komputer. Komputer adalah salah satu penemuan paling cemerlang umat manusia. Berkat teknologi komputer, kita mampu mencapai penyimpanan dan pengolahan data yang efisien . Karena komputer, kita telah dapat mempercepat pekerjaan sehari-hari, melaksanakan transaksi keuangan dan mencapai keakuratan dan ketepatan dalam pengeluaran. Komputer pada tahun-tahun sebelumnya adalah sebuah mesin dengan ukuran yang besar dan mengkonsumsi tenaga listrik yang besar . Namun, dengan kemajuan teknologi, komputer telah menciut sampai sebesar jam tangan. Tergantung pada kekuatan pengolahan dan ukuran komputer, mereka telah diklasifikasikan dalam berbagai klasifikasi komputer :
Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
 
komputer digital Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif alam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
Enjac2 komputer digital
Komputer Hybrida.
komputer ini adalah kombinasi digital dan analog komputer. Dalam hal ini jenis komputer, segmen digital dengan melakukan pengendalian proses konversi sinyal analog yang digital. 

Mainframe Komputer:
Perusahaan yang besar menggunakan mainframe untuk aplikasi yang sangat kritis seperti pengolahan data massal dan ERP(Enterprise Resource Planning). Sebagian besar komputer mainframe memiliki kapasitas untuk meng-host beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai sejumlah mesin virtual dan dengan demikian dapat menggantikan beberapa ribu server kecil. 

IBM 7094, Mainframe

Mikrokomputer.
Sebuah komputer dengan mikroprosesor dan central processing unit ini dikenal sebagai komputer mikro. Mereka tidak menempati ruang sebanyak mainframe. Bila ditambah dengan keyboard dan mouse, mikrokomputer dapat dikatakan sebagai komputer pribadi. Sebuah monitor, keyboard dan lain yang serupa perangkat input output, memori komputer dalam bentuk RAM dan sebuah unit suplai daya datang dikemas dalam sebuah komputer mikro. Komputer ini bisa muat di meja atau meja dan melayani sebagai pilihan terbaik untuk tugas-tugas user tunggal. Personal komputer datang dalam berbagai bentuk seperti desktop, laptop dan personal digital assistant. 

commodore 64, Mikrokomputer
Mini komputer.
Dalam hal ukuran dan kapasitas pemrosesan, minicomputer disejajarkan di antara mainframe dan mikrokomputer. Minicomputer juga disebut sistem mid-range atau workstation. Istilah ini mulai populer digunakan pada 1960-an untuk merujuk pada relatif lebih kecil yang disebuat juga sebagai komputer generasi ketiga. menggunakan transistor dan teknologi memori inti. The 12-bit PDP-8 komputer mini dari Digital Equipment Corporation adalah komputer mini pertama yang sukses. 


PDP 7, Minikomputer
Superkomputer
perhitungan yang sangat intensif tugas dapat dilakukan secara efektif melalui superkomputer. Fisika kuantum, mekanik, prakiraan cuaca, teori molekuler dipelajari paling baik melalui superkomputer. Kemampuan mereka paralel proses dan memori yang dirancang dengan baik hierarki memberikan superkomputer  kekuatan proses yang cepat. Jenis ini bisa dibedakan dalam jumlah memory yang besar dalam skala TeraFLOPS.


Cray 2, superkomputer 1985

Desktop.
Sebuah desktop dimaksudkan untuk dapat digunakan pada satu lokasi. Suku cadang dari komputer desktop sudah tersedia pada biaya yang relatif rendah. Power konsumsi tidak sama pentingnya dengan yang di laptop. Desktop atau PC populer secara luas digunakan setiap hari di tempat kerja dan rumah tangga. 

Desktop komputer/PC

Laptop.
serupa di operasi untuk desktop, laptop komputer mini dan dioptimalkan untuk penggunaan mobile. Laptop dijalankan pada satu baterai atau adaptor eksternal yang akan mengisi daya baterai komputer. Mereka akan diaktifkan dengan built-in keyboard, touch pad bertindak sebagai tikus dan layar kristal cair. portabilitas dan kemampuan untuk beroperasi pada daya rendah.

Laptop

Personal Digital Assistant (PDA).
Ini adalah komputer genggam dan dikenal sebagai Palmtop. memiliki layar sentuh dan kartu memori untuk penyimpanan data. PDA juga dapat secara efektif digunakan sebagai portable audio player, web browser dan smart phone. Sebagian besar dari mereka dapat mengakses internet melalui Bluetooth atau Wi-Fi komunikasi. 

PDA

Wearable Komputer.
Suatu catatan-langkah pengaturan dalam evolusi komputer adalah Komputer yang dapat dikenakan pada tubuh dan sering digunakan dalam studi perilaku pemodelan dan kesehatan manusia. Militer dan profesional kesehatan dpt dipakai setelah memasukkan komputer ke dalam rutinitas sehari-hari mereka, sebagai bagian dari studi tersebut. Ketika pengguna alat indera tangan dan terlibat dalam kegiatan lain, dpt dipakai komputer yang sangat membantu dalam pelacakan tindakan manusia. Komputer dpt dipakai secara konsisten dalam operasi tidak harus diaktifkan dan dinonaktifkan dan terus-menerus berinteraksi dengan pengguna. Ini adalah beberapa jenis komputer yang tersedia saat ini. Melihat tingkat kemajuan teknologi, kita pasti dapat berharap untuk lebih banyak jenis komputer dalam waktu dekat. 

Wearable komputer
reff : wikipedia
image : google
http://inconcept.wordpress.com

No comments: