Cara Atasi Internet terputus Akibat Hujan dan Petir | Gio Komputer

Friday, November 9, 2012

Cara Atasi Internet terputus Akibat Hujan dan Petir

Sudah gak aneh lagi kalo hujan besar dan petir menyambar-nyambar listrik PLN pasti mati/padam.(terutama di daerah saya lo...). Bagi Sobat yang usahanya rumahan seperti saya tentu saja ini merugikan plus menjengkelkan. Belum lagi saat listrik nyala, ternyata internetnya sekarang yang putus. hmm....lengkap sudah penderitaan. Seharusnya hujan patut disyukuri karena salah satu rahmat dari Allah Sang Maha pencipta. Namun gara-gara ulah PLN yang selalu memanfaatkan kondisi hujan untuk mematikan aliran listrik....akhirnya kita selalu mengeluh apabila hujan datang apalagi yang disertai petir. Coba kalo ga pake mati listrik, kita ga bakal mengoceh....'wah gawat nih hujan...bentar lagi mayi lampu deh'.
Ya sudah, sekarang kembali ke persoalan.

Terputusnya sambungan Internet dikala hujan deras dan petir menggelegar, bisa bermacam-macam. :
1. Bagi pelanggan Speedy, sepertinya tidak bermasalah. karena sambungan internet lewat kabel. Sehingga aman dari sambaran petir. Kecuali gardu Telkomnya yang tersambar ya.
2. Bagi pelanggan provider yang menggunakan 'Radio' untuk sambungan internetnya, bisa jadi 'radio' tersebut yang terkena petir. Coba cek apakah terlihat gosong atau tidak. Kalau tidak gosong atau terbakar kita bisa lanjutkan ke pokok persoalan.

Bagi Pelanggan Speedy ataupin Provider lain ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.
1. Cabut kabel strum dari 'router/mikrotik sobat blogger. dan diamkan dalam keadaan tercabut beberapa menit. Biarkan komputer dalam keadaan mati juga. (ini dilakukan setelah listrik PLN sudah nyala kembali).
2. Setelah 5-10 menit nyalakan kembali 'router' Sobat Blogger. Tunggu sampe lampu indikator pada 'router' nyala semua.
3. Apabila lampu indikator nyala semua. Coba mulai nyalakan Komputer. Cek apakah sambungan internet sudah tersambung ke komputer Sobat Blogger. Buka browser Firefox atau apa aja, lalu ketik kata kunci pencarian di kotak search engine. Apabila kemudian muncul tulisan 'server not found' berarti, Internet Sobat masih bermasalah.


4. Cek indikator sambungan internet Sobat Blogger di taskbar menu (di pojok sebelah kanan bawah layar). Tanda X menunjukkan koneksi terputus/unplug.

indikator unplug/koneksi putus
5. Klik pada indikator bergambar monitor dobel tersebut, untuk memeriksa DNS server. Bagi Sobat yang suka mengganti-ganti DNSnya, langkah ini cukup manjur yaitu kembalikan DNS server ke no DNS asal yang terdaftar di Speedy atau provider internet. Misal semula preferred DNS 202.69.97.123 dan alternate DNS : 202.69.98.123, seperti halnya saya suka mengganti DNS dengan open DNS punyanya Google : 8,8,8,8 dan 8,8,4,4. maka kembalikanlah ke DNS semula yang terdaftar.
Klik indikator internet pada taskbar menu,  klik properties, klik internet protocol(TCP/IP), klik properties, lalu ganti DNS. klik Ok.
(sebelumnya cek dahulu Firewall, matikan/off lewat control panel).

6. Selanjutnya apabila masih belum koneksi,  Cek lewat command prompt, Klik Run pada sudut kiri bawah.layar. Ketik : ping 192.168.1.1 -t
lihat hasilnya.'request time out' atau RTO, berarti koneksi belum stabil.

7. Langkah-langkah diatas diasumsikan bahwa lampu indikator pada modem/router dalam keadaan nyala semua (ada 5 indikator lampu).


Selanjutnya apabila ada lampu/salah satu atau sebagian tidak menyala maka lakukan langkah berikut ini :
Cek modem, ketik user : admin dan password : admin.

8.Selanjutnya Cek status dari modem Sobat Blogger. Apabila status Downstream dan Upstream kode N/A
berarti modem terputus. maka lalukan langkah dari awal dengan mulai masuk mengetikan 191.168.1.1 pada address bar yang lalu disertai mengisi : admin : admin.(selengkapnya baca : cara seting ADSL modem).
9. Terakhir jurus yang bisa saya sarankan adalah : Cek kabel-kabel konektor Rj45 dari semua sambungan dengan Switch dan juga pada masing-masing komputer. Terkadang Justru hal sepele inilah yang bisa memberikan soludi terbaik, karena bisa saja setelah sekian lama terpasang konektor Rj45 pada Switch atau pada komputer menjadi longgar. Caranya cabut saja dulu satu persatu, kemudian pasang kembali pada tempatnya. Bila persoalannya adalah untuk sambungan ke banyak komputer, seperti pada sebuah warnet, koneksi biasanya hanya di seputar komputer server, jadi periksalah konektor tersebut hanya pada ssatu unit komputer yaitu komputer server. Tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek konektor untuk client.
Konektor Rj45 pada Switch
 

Demikian yang dapat saya sampaikan buat Sobat Blogger mania. Karena saya bukan seorang tutor atau guru, maka disana-sini mungkin banyak bahasa yang mungkin sulit dimengerti, untuk itu mohon maaf,  karena artikel ini bukan tutorial tetapi hanya penyampaian sebuah pengalaman pribadi penulis. Terima kasih.

Keep Blogging.

2 comments:

Image Free said...

terimaksih atas petuahnya gan ini sangat bermanfaat.

Unknown said...

Sama-sama gan, maaf baru bales maklum lagi sibuk ngejar proyek...haha