Google Maps | Gio Komputer

Friday, October 5, 2012

Google Maps


Google Maps untuk Browser iOS kini Dilengkapi dengan Fitur Street View
Aplikasi Google Maps memang tidak bisa digunakan pada platform iOS 6. Namun, para pengguna iPhone 5 tetap bisa membuka Google Maps melalui browser. Dan, kini Google pun baru saja memberikan fitur baru untuk layanan tersebut, yakni fitur Street View.
Keberadaan fitur ini telah dikonfirmasi oleh pihak Google sejak akhir bulan kemarin. Fitur ini pun bisa dijumpai pada iPhone dan iPad. Untuk menggunakan fitur ini, pemilik perangkat iOS dapat melihat ikon yang terletak pada bagian bawah toolbar.

 

Dengan menekan tombol, maka browser iOS akan membuka tab baru dengan tampilan Street View. Tampilan Street View pada browser iOS ini pun hampir sama dengan Street View pada komputer desktop. Langkah ini nampaknya dilakukan oleh Google agar para pengguna iPhone tetap setia pada aplikasi miliknya. Terlebih setelah kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Apple Maps memiliki akses data yang lebih cepat dibanding Google Maps.
Anehnya, fitur ini ternyata hanya bisa dijumpai pada browser iOS. Anda harus melakukan langkah tambahan untuk bisa melihat tampilan Street View di handphone Android. Langkah tambahan tersebut adalah dengan membubuhkan pin pada peta.  Berbeda dengan di iOS yang secara default memunculkan pin lokasi.
(Via Slashgear)

iOS adalah sistem operasi Perangkat keras dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.
Di akhir tahun 2010, iOS memiliki pangsa pasar sebesar 26% di bawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia. Pada 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking.
Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus. (http://id.wikipedia.org/wiki/IOS)
sumber : http://www.beritateknologi.com/google-maps-untuk-browser-ios-kini-dilengkapi-dengan-fitur-street-view/

 Untuk Mengerjakan Aplikasi Peta, Google Gunakan Sebanyak 7100 Karyawan Jauh Lebih Sedikit Dibanding Apple

Mengerjakan sebuah aplikasi bukanlah sebuah hal yang mudah. Tak heran jika kesalahan yang cukup banyak ditemui oleh aplikasi peta yang dibikin oleh Apple, yakni Apple Maps.

 

Mencontoh aplikasi Google Maps, ternyata pegawai yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi peta ternyata tidak sedikit. Dari laporan Business Insider, Google total mempekerjakan sebanyak 7100 orang hanya untuk aplikasi Google Maps.
Secara detail, dari 7100 pekerja itu, terdapat 1100 karyawan fulltime, sedangkan sisanya adalah para karyawan kontrak. Mereka pun bekerja sama untuk mengerjakan berbagai hal seperti daftar tempat, nama jalan, menggambar peta dan lain-lain.
Lalu bagaimana dengan jumlah karyawan Apple? Ternyata Business Insider mendapati bahwa pekerja milik Apple jauh lebih banyak dari yang dipekerjakan oleh Google. Mereka mengatakan bahwa terdapat 13 ribu pegawai yang mengerjakan aplikasi tersebut.
Dan, ternyata meskipun mempekerjakan jumlah orang yang lebih banyak, tidak membuat aplikasi Apple Maps lebih baik dibanding Google Maps. Bahkan dalam peluncuran awalnya, banyak pihak yang melihat adanya kesalahan, baik perhitungan jarak ataupun kesalahan dalam memberi nama.
(Via BGR)
sumber : http://www.beritateknologi.com


 
Apple Hapus Aplikasi Youtube dari iOS 6
Apple baru saja memberikan pernyataan bahwa tak akan ada aplikasi Youtube dalam OS mobile terbaru mereka, iOS 6. Mereka beralasan bahwa lisensi untuk menyematkan aplikasi Youtube dalam iOS telah berakhir.
Selanjutnya, mereka menyarankan para pengguna iOS 6 mengakses Youtube melalui browser Safari. Dan, Apple juga menyatakan bahwa pihak Google tengah mengerjakan sebuah aplikasi Youtube terbaru yang nantinya bisa ditemui di Apple App Store.


Penghilangan aplikasi milik Google di sistem operasi iOS 6 ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut menyatakan bahwa Google Maps juga bakal tidak digunakan di iOS 6. Mereka akan mengembangkan sendiri sebuah aplikasi peta.
Lalu bagaimana tanggapan Google mengenai peristiwa ini? Dikutip dari Venturebeat, juru bicara Google mengatakan bahwa mereka tengah bekerja sama dengan Apple untuk mencari solusi yang terbaik bagi pengguna iOS untuk mengakses Youtube.
(Via Venturebeat)
sumber : http://www.beritateknologi.com 

No comments: