Search Engine | Gio Komputer

Friday, October 19, 2012

Search Engine



Search Engine…sudah pasti tak asing lagi ditelinga Blogger sejati. Tulisan ini tidak untuk menggurui para Blogger master…tapi cuma ingin menambah pembendaharaan memory aja buat yang baru surfing di Blogger mania…mari kita mulai pembahasan.

Menurut Wikipedia.org :
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer  dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia melalui keyword yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah : Google, MSN Search dan Yahoo. Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

Search Engine pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang  dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, mereka adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Kemudian muncul Aliweb di tahun 1993 dan Lycos yang terkenal mulai diperkenalkan pada tahun 1994.
Kemudian bermunculan  WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista, a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo. Kemudian Inktomi diakuisisi oleh Yahoo pada thn 2002 yang juga mengakuisisi Allthe web, Altavista. Bersama dengan SE yang diakuisisinya Yahoo kemudian mengembangkan mesin pencari yang mengutamakan pada pencarian web.


Google muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari. Tetapi kemudian ternyata Google mampu menjadi yang terdepan mendahului pesaing-pesaingnya yang sudah lebih lama berkecimpung dalam dunia web.

Pada tahun 2001 lahirlah istilah PageRank yang dibidani oleh Google.  Mesin pencari Google berkembang pesat. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain.

Sistim PageRank ini sangat disukai oleh pengguna web, atau Blogger sejati…dengan peringkat PageRank inilah para Blogger saling bersaing mencari popularitasnya di dunia web surfing.

Mesin pencari banyak digunakan oleh para pengguna internet untuk mencari situs yang diinginkan (surfing). Menurut survey…situs yang dicari oleh pengguna internet selalu yang berada dihalaman pertama. Sedikit sekali yang berusaha mencari di halaman berikutnya.


PageRank atau peringkat pagerank inilah yang memungkinkan situs pemilik berada di halaman satu halaman berikutnya. Semakin tinggi ranking pagerank suatu situs maka semakin besar kemungkinanya selalu berada di halaman pertama dari mesin pencari. Dan posisi itulah yang selalu dikejar oleh para Blogger mania….
Menurut  www.searchengineyearbook.com  Estimasi/perkiraan pengguna (user) sebuah Search Engine saat ini adalah :

menurut searchengineyearbook.com.
 .
Sedangkan versi Wikipedia.org adalah :



Mesin Pencari
Pangsa pasar Mei 2001
Pangsa pasar Desember 2010
Google
82.80%

84.65%

Yahoo !
6.42%

6.69%

Baidu
4.86

3.39%

Bing
3.91%

3.29%

Yandex
1.7%

1.3%

Ask
0.52%

0.56%

AOL
0.3%

0.42%


Berikut ini adalah beberapa nama mesin pencari:

Google,  Yahoo, Open Directory,  MSN,  Live,  Altavista,   AOL ,  Altheweb,  Baidu, Looksmart,  Solusee, WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista, a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

No comments: