Mouse | Gio Komputer

Wednesday, October 3, 2012

Mouse

MOUSE
Tikus (bahasa inggris: mouse) adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Tikus/mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu (hah kayuuu....trus w mesti bilang wow gitu?...xixixi) dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.
Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel/wireless, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inchi (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

douglas engelbart world's first mouse
http://klikmenarik.blogspot.com/2011/07/sejarah-mouse-pertama-yang-hampir.html

http://noticeviku.wordpress.com/2012/03/15/sejarah-mouse-komputer/
Mouse optic

Laser Mouse
Gambar diatas menunjukkan sejarah perkembangan mouse dari bahan kayu hingga penggunaan laser.

Nah bro n sis berikut model-model mouse yang banyak beredar di pasaran :
A4Tech- X7 F7 V-Track Macro Gaming
Genius Deathtaker 1Hires sm01 Macro








Gigabyte Aivia M8600 Macro Gaming


Fierce 3500 Macro gaming mouse

Roccat Kone Max V2 Macro gaming mouse











Mionix Naos 5000 Gaming Macro









Logitech G600MMO Macro gaming

sumber :
https://www.google.co.id
http://id.wikipedia.org/wiki/Tetikus



No comments: