Processor Top | Gio Komputer

Sunday, September 30, 2012

Processor Top



ok gan....bro n sis, kakak adik....ini dia processor-processor yang beredar dipasaran....semoga kalian tidak bingung untuk memilih processor yang bagus dan dapat memuaskan kalian semua....
 
Merek PROCESSOR

Intel Corporation
Intel (NASDAQ: INTC) adalah sebuah perusahaan chip semikonduktor multinasional Amerika pembuat perusahaan berkantor pusat di Santa Clara, California.
Intel Corporation, didirikan pada tanggal 18 Juli 1968, intel ( Integrated Electronics).
(fakta bahwa "intel" adalah istilah untuk informasi intelijen juga sangat cocok)
Intel membuat chipset motherboard, pengendali jaringan antarmuka dan sirkuit terpadu , flash memory, chip grafis, onboard prosesor, dan perangkat lain yang berkaitan dengan komunikasi dan komputerisasi.
Didirikan oleh perintis semikonduktor Robert Noyce dan Gordon Moore, Intel menggabungkan kemampuan desain chip canggih dengan kemampuan manufaktur terdepan. Meskipun Intel awalnya dikenal terutama untuk insinyur dan ahli teknologi.
"Intel Inside" kampanye iklan tahun 1990-an berhasil dan nama prosesor Pentium menjadi andalannya.
Intel adalah pengembang awal SRAM dan chip memori DRAM, dan ini mewakili sebagian besar bisnisnya sampai 1981. Intel menciptakan microprocessor chip komersial pertama di dunia pada tahun 1971
. Selama tahun 1990, Intel berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru mendorong pertumbuhan yang cepat dari industri komputer. Selama periode ini Intel menjadi pemasok dominan mikroprosesor untuk PC, dan dikenal karena taktik agresif dan kadang-kadang ilegal dalam membela posisi pasar, khususnya terhadap Advanced Micro Devices (AMD).

Intel Pentium 4 Family
Pentium 4 socket LGA 775
Pentium 4 socket 478.
Prescott, Pentium 4 yang memiliki 1 MB L2 cache dan memiliki kecepatan 3,8 GHz.
Pentium 4 Extreme Edition socket LGA 775 dan berjalan di atas 3,46 GHz cache.
Pentium D. Keluarga CPU Intel yang memiliki arsitektur dual-core. Pentium D 840, 830, dan 820 yang memiliki clock dari 2,80 sampai 3,20 GHz dengan FSB 800 MHz. Dengan L2 cache yang dimilikinya 2×1 Mb.
Dual core
Dual Core adalah penggunaan dua buah inti (core) processor dalam sebuah kemasan prosesor konvensional. Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.
Intel Core Duo
ini adalah generasi pertama dari processor intel dengan arsitektur Core, karena intel telah meninggalkan arsitektur Pentium. Model ini dapat memaksimalkan penggunaan core ke dua dari processor, dan sudah mempunyai pengecekan panas bagi inti processor ke-2, difabrikasi dengan ukuran chip pada die 90nm- 65nm.
Core 2 Duo
Generasi kedua dari arsitektur Core, memiliki kecepatan latency yang lebih kecil (membuatnya lebih cepat dibanding pendahulunya) dan memiliki memori cache yang dipasang per core, tetapi terhubung satu sama lain (secara paralel). Diproduksi dengan fabrikasi 65 nm. Sehingga ada versi yang memiliki 4 core didalamnya (quad core).
Intel atom
Atom ini diklaim oleh Intel sebagai prosesor terkecil, dibuat dengan teknologi baru yang disebut “hafnium infused 45 nanometer high-k silicon” yang disingkat dengan sebutan teknologi 45 nanometer.

Intel Xeon


30 Maret 2009 - Intel Corporation memperkenalkan 17 buah enterprise-class prosesor baru, diantaranya single-socket 3500 dan dual-socket 5500 series yang dikhususkan untuk server dan workstations. Prosesor terbaru Intel ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan level penggunaan energi dan mampu menangani transaksi data yang lebih cepat. Kedua model tersebut memiliki kecepatan hingga 3.2 GHz. Prosesor ini diklaim menjadi prosesor revolusioner Intel untuk kelas server dan workstation setelah Intel Pentium Pro.
Intel Nehalem Core i7
Intel telah meresmikan nama Core i7 pada 11 Agustus 2008. Core i7 sendiri merupakan processor terbaru keluaran Intel yang disebut-sebut memiliki arsitektur sedikit berbeda dengan processor pendahulunya, dan menggunakan fabrikasi 45nm.
Dengan melihat arsitektur yang baru serta fabrikasi 45nm, yang menurut Intel merupakan "performance on demand" maka bisa dikatakan processor ini akan sangat hemat energi, sehingga tidak membutuhkan banyak daya untuk menjalankannya.


Advanced Micro Devices, Inc (NYSE: AMD)
AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang berbasis di Sunnyvale, California, yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk utamanya termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, prosesor tertanam dan prosesor grafis untuk server, workstation dan komputer pribadi, dan embedded system aplikasi.
AMD adalah pemasok terbesar kedua global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 dan juga salah satu pemasok terbesar graphics processing unit. Hal ini juga memiliki 8,6% dari Spansion, pemasok non-volatile flash memory
.
AMD adalah pesaing untuk Intel di pasar (CPU) central prosesor unit (berbasis x86) komputer pribadi. Bersama-sama mereka memegang 99,1 persen (80,3% Intel, AMD 18,8%)  kuartal tiga 2011. Sejak mengakuisisi ATI pada tahun 2006, AMD kemudian bersaing dengan Nvidia mendominasi unit prosesor grafis diskrit (GPU) di pasaran.
AMD Athlon 64 Family
AMD memiliki tiga jenis processor dengan performa yang berbeda. Yaitu, Athlon 64 dan FX Series, juga Sempron. Meski dari ketiganya memiliki basic teknologi yang sama, namun beberapa fitur dan harga yang ditawarkan memiliki perbedaan yang cukup berarti.
Pada dasarnya, processor AMD Athlon 64 mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi terhadap aplikasi yang menggunakan banyak floating point dan kebutuhan bandwidth yang besar.
AMD Athlon 64
Athlon 64 menggunakan socket 939 memory dual-channel. L2 cache sebesar 1 MB, sedangkan untuk kecepatan yang ditawarkan beragam, mulai dari 2,4 GHz sampai dengan 3,0 GHz.
Athlon 64 FX
Processor ini merupakan processor yang paling tepat untuk menunjang para gamer, karena selain dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB dengan kecepatan terendah yang ditawarkan sebesar 2,6 GHz. Pada processor keluaran AMD baik Athlon 64 ataupun Athlon 64 FX sudah mendukung aplikasi dan operating system 64-bit. Dan kini AMD telah mengeluarkan processor dualcore, yaitu AMD Athlon 64 X2, masih menggunakan socket 939.+
AMD Opteron
Prosesor AMD Opteron 2356 memiliki kemampuan superior untuk menjawab tuntutan bisnis berbasis web dengan traffic yang sangat tinggi.
Prosesor AMD Opteron 2356 dan Prosesor AMD Opteron Quad Core 8356 diklaim hemat biaya dan energi.


Allwinner
 Perusahaan dari Cina lagi-lagi unjuk gigi di pasaran elektronik. Sebuah perusahaan dari negeri tirai bambu dikabarkan telah merilis sebuah prosesor murah bernama Allwinner A10. Chip A10 ini dilengkapi dengan fitur core ARM Cortex-A8 1.5GHz, Mali 400 Graphics, HD Video dan support terhadap memori DDR3 hingga 1GB.

Qualcomm
Qualcomm Incorporated (NASDAQ: QCOM) adalah perusahaan semikonduktor Amerika memproduksi dan memasarkan produk-produk telekomunikasi digital nirkabel dan jasa. Berkantor pusat di San Diego, CA, Amerika Serikat
Qualcomm didirikan pada tahun 1985 oleh Alumni MIT dan UC San Diego Jacobs Profesor Irwin, MIT dan USC Alumni Andrew Viterbi, Harvey Putih, Adelia Coffman, Andrew Cohen, Klein Gilhousen, dan Franklin Antonio. Jacobs dan Viterbi sebelumnya mendirikan Linkabit.
Semikonduktor - Qualcomm desain berbasis ARM berbagai arsitektur CDMA dan chipset modem UMTS ditunjuk Station Modem Handphone (MSM), prosesor baseband radio, dan chip daya prosesor. Chipset ini dijual ke produsen ponsel seperti Kyocera, HTC Corporation, Motorola, Sharp, Sanyo, LG, Nokia dan Samsung untuk integrasi ke CDMA dan ponsel UMTS.

Nvidia
Nvidia adalah perusahaan Amerika dalam teknologi global berkedudukan di Santa Clara, California. Produknya berupa graphics processing units (GPU).
 Nvidia dan pesaingnya AMD pembuat  ATI Technologi telah mendominasi pasar dalam teknologi GPU dimana Nvidia mengusung “GeForce” dan pesaingnya AMD dengan “Radeon”
Pendiri Nvidia ada 3 orang pada tahun 1993.Jen-Hsun Huang, pria asal Taiwan kelahiran Amerika. Chris MalachowsKy dan Curtis Priem.

Calxeda
Berkedudukan di Boston, Inggris
Calxeda adalah sebuah perusahaan start-up yang bertujuan untuk menciptakan computer berbasis  ARM (Advanced Risc Machine/Acorn Risc Machine) pada pasar server. Titik penjualan mereka adalah pengurangan diklaim dalam konsumsi energi serta biaya yang lebih baik per throughput.
Calxeda
menawarkan produk Core ECX-1000 SoC, menampilkan empat ARMv7 Cortex-A9 core beroperasi pada 1,1 - 1.4GHz, 32KB L1 cache dan I-32KB L1 D-cache per core, 4MB shared L2 cache, on-chip kain switch, 1.5W per prosesor, 5W per node server termasuk 4GB DDR3 DRAM, 0.5W saat idle.

VIA
Via Technologies, Inc adalah pemasok terkemuka fabless daya platform prosesor x86 yang efisien yang mendorong inovasi sistem klien, PC, ultra mobile dan pasar embedded. Menggabungkan hemat energi prosesor dengan chipset media digital dan konektivitas canggih, multimedia dan silikon jaringan memungkinkan spektrum yang luas dari platform komputasi dan komunikasi, termasuk motherboard diakui secara luas yang ultra kompak.
Berkantor pusat di Taipei, Taiwan, jaringan global VIA menghubungkan pusat-pusat teknologi tinggi dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia, dan basis pelanggan yang termasuk top dunia OEM dan system integrator. VIA terdaftar di Taiwan Stock Exchange (TSE 2.388).

Texas Instrument
Perusahaan semikonduktor yang berkedudukan di Dallas, Texas, Amerika Serikat.
Texas Instrument. Sudah berjalan lebih dari 80 tahun, Texas Instruments menciptakan complex signal-teknologi processor.
 
Ziilabs
 Ziilabs berada di  Meadlake Place, Thorpe Lea Road, Egham, Surrey, TW20 8HE, Inggris.
 













Dari berbagai sumber :

No comments: